Diberdayakan oleh Blogger.

Ingin Madu Asli ?

Ingin Madu Asli ?

SMS Gratis

Widget SMS Gratis

Pengikut

MADU APIS CERANA BABUSSALAM

Madu kemasan 500 ml dan 1 liter.
Madu asli Babussalam adalah madu dari lebah jenis apis cerana, hasil budidaya masyarakat sekitar Ponpes Babussalam di kawasan Bandung Utara. Lebah madu Apis cerana atau seringkali dikenal dengan lebah lokal atau dalam bahasa Inggris dinamakan oriental honeybees. Lebah ini dalam Bahasa Jawa dinamakan tawon madu atau dalam Bahasa Sunda nyiruan. Jenis lebah ini sangat dikenal oleh masyarakat luas karena seringnya ditemukan di bunga-bunga sekitar rumah kita atau tidak jarang bersarang di atap rumah kita.
Lebah madu Apis cerana biasanya dapat menghasilkan madu lebih kurang 10 Kg per koloni per tahun. Tetapi hal tersebut sangat tergantung pada pakan lebah yang ada, maksudnya jika pakan lebah tidak memadai maka tidak akan menghasilkan madu yang bisa dipanen karena sudah habis dikonsumsi oleh lebah sendiri. Hanya saja jenis lebah ini sedikit menghasilkan royal jelly dan propolis yang bisa dimanfaatkan secara komersial. Potensi yang sangat dimungkinkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat adalah larva lebah sebagai makananan (sup/asem-asem larva lebah). Polennya bisa diproduksi, terutama pada daerah yang banyak sumber polennya seperti yang tanaman kelapa, tanaman jagung dll.

Madu dari hasil lebah madu Apis cerana di wilayah pulau Jawa kebanyakan dari bunga kaliandra merah (Calliandra callothyrsus). Pohon ini juga yang banyak terdapat di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda Bandung Utara. Warna madunya kuning kehijauan. Akan tetapi di beberapa tempat juga bisa kuning kecoklatan. Madu dari tanaman Accacia mangium warnanya coklat gelap seperti juga pada madu kelapa terutama yang ada sadapan niranya (juga pada Aren dan Siwalan).
Madu dari lebah Apis cerana sangat khas rasanya, dan apabila anda sudah sekali dua kali merasakannya maka akan jatuh cinta dan tidak mau berpisah. Hanya sayang memang pada saat ini jumlah madunya sangat terbatas. Madu dari lebah Apis cerana juga rasanya 100% manis, tidak ada rasa asam karena lebah apis cerana menghisap nektar dari bunga apa saja (multiflora).
Budidaya lebah jenis apis cerana boleh dikatakan mudah, karena:
1.       Asalkan di sekitar banyak makanan untuk lebah. Lebah apis cerana adalah lebah multiflora, menghisap nektar dari bunga apa saja, dalam radius 2 km.
2.       Kotak lebah dapat dibuat dalam bentuk sederhana, cukup diletakkan di sekitar rumah.
3.       Dapat dijadikan pekerjaan sambilan, tidak memerlukan perawatan khusus.

Madu Asli Babussalam dikemas dengan berbagai ukuran: 100 ml, 250 ml, 330 ml, 500 ml, 600 ml, 1 liter, madu sarang, madu tepungsari, madu kristal dll. Kami juga melayani Wisata Lebah, privat budidaya lebah, undangan pelatihan, penjualan kotak lebah dll. Kalau mau belajar beternak lebah ini, kenapa tidak bergabung bersama kami.
Untuk pemesanan, silahkan hubungi: Abi Tami (HP/WA 081312322631) atau Umi Anna (HP/WA 08164201465).
Peserta wisata lebah dibimbing hingga akrab dengan lebah.

Kotak lebah dari dekat. Lebah apis cerana tergolong jinak.

Kunjungan wisata lebah dari Malaysia


1 komentar:

ujang krisno mengatakan...

Berapa nomor hp yg bisa dihubungi ? saya mau beli madu, bisa di antarkan sekalian ? tks

Posting Komentar

 
2011 Madu Babussalam | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs